Pandemi BIsa Dijadikan Peluang Untuk Inovasi

Pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 hingga saat ini telah berdampak pada sedikitnya 29,12 juta pekerja di tanah air. Jumlah tersebut termasuk mereka yang bekerja paruh waktu.

Jika dipersentasekan, jumlah pekerja yang terdampak tersebut mencapai 14.28 persen total jumlah pekerja di Indonesia. Ini menjadi tantangan bagi para lulusan perguruan tinggi untuk menciptakan peluang kerja baru.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia H Airlangga Hartarto, pada pidato sambutan wisuda periode III tahun 2020/2021 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (27/1).

Menurut Airlangga, Pemerintah telah melakukan inovasi dengan menyusun Undang Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Semangatnya untuk menciptakan lapangan kerja serta memudahkan mereka yang ingin berwirausaha.

Melalui pidato sambutan yang disampaikan secara daring, ia juga menyampaikan, Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kapasitas digital kemampuan SDM.

Salah satunya melalui program kartu prakerja. Berdasar survei BPS tahun lalu, program kartu prakerja telah mendorong peningkatan ketrampilan para penerima program tersebut.

Para penerima merasa bahwa ketrampilan kerjanya meningkat dan merasakan perubahan dari yang tadinya menganggur menjadi berkerja.

“Baik menjadi karyawan maupun wirausaha,” katanya.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini juga menyampaikan, Pemerintah juga berharap berbagai peluang usaha bisa dimanfaatkan.

Akan lebih baik apabila para lulusan perguruan tinggi tak terkecuali UKSW dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi sebagian masyarakat, yang terdampak pandemi.

Pandemi bisa menjadi momentum untuk menjalankan inovasi, membangkitkan kekuatan diri sendiri serta melakukan lompatan-lompatan kemajuan. Karena itu, inovasi harus menjadi solusi atas berbagai persoalan yang kini sedang dihadapi.

Apalagi bangsa ini dikenal berkarakter pantang menyerah, tetap produktif berinovasi dan adaptif. Termasuk juga melakukan upaya- upaya baru guna memutar roda perekonomian yang terguncang.

Melalui berbagai inovasi tersebut, para lulusan perguruan tinggi akan mampu memberi solusi bagi persoalan dampak pandemi.

Airlangga mengajak kepada 629 wisudawan UKSW untuk ikut berkontribusi dalam memanfaatkan pengetahuan teknologi dan pengalamannya.

“Jadilah intelektual muda yang mampu mengoperasionalisasikan potensi akademis, berjiwa pemimpin, berinovasi di tengah masyarakat agar masyarakat bisa berkehidupan lebih baik dan sejahtera,” tegasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.