Wapres Maruf Amin Akui Jokowi Tengah Godok Kenaikan Harga BBM

Wakil Presiden Maruf Amin buka suara perihal subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang sudah membengkak. Pemerintah, kata dia, saat ini sudah membahas mengenai rencana kenaikan harga bensin subsidi.
Hal tersebut dikemukakan Maruf Amin saat menjawab pertanyaan terkait isu kenaikan harga BBM di sela Haul Akbar ke 23 Tahun Ulama Indonesia Alm. Habib Umar bin Hood Alatas, seperti dikutip melalui laman Setwapres, Senin (22/8/2022).

“Ini masih terus dipikirkan, jadi masih dalam penggodokan,” kata Maruf.

Maruf menegaskan pemerintah saat ini belum memutuskan apakah harga bensin bersubsidi akan dikerek atau tidak. Pemerintah, kata dia, masih melakukan berbagai kalkulasi dan menghitung risiko yang bisa ditimbulkan dari kebijakan tersebut,

“Masih dalam pembahasan, apakah akan dinaikkan apa tidak. Tapi bagaimana ini berjalan dengan baik,” kata Maruf.

Maruf sendiri mengakui beban subsidi energi sudah begitu besar. Bahkan, beban subsidi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah lebih dari Rp 500 triliun pada pertengahan tahun ini.

“Jadi kalau ada kenaikan-kenaikan, ini memang supaya subsidi ini bisa sustain, bisa terus berlanjut,” kata Maruf.

Sebelumnya dalam wawancara ekslusif dengan CNBC Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak akan ragu untuk mengambil keputusan terkait harga BBM. Keputusan konkret akan diambil jika situasi kas keuangan negara tak lagi mampu menahan beban subsidi.

“Kalau APBN tidak mampu, ya memang harus kita putuskan,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, kabar kenaikan harga BBM telah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Ia mengatakan, saat ini pemerintah telah menyusun skema penyesuaian harga untuk mengurangi beban subsidi.

“Pemerintah masih menghitung beberapa skenario penyesuaian subsidi dan kompensasi energi dengan memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat. tapi untuk diketahui harga BBM di Indonesia relatif lebih murah dibanding mayoritas negara di dunia,” kata Luhut

Bahkan, eks Kepala Staf Kepresidenan itu mengaku Jokowi akan mengumumkan terkait kebijakan harga BBM pada pekan ini. Namun, Luhut tidak merinci lebih jauh kapan Jokowi akan mengumumkan kebijakan terkait harga BBM.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.